bahasa.jerman@stba.ac.id 0878 2212 7474 (WA saja)
March 15, 2022 - BY Admin

Pembekalan Proyek Penelitian Lintas Budaya "Max Planck Institute for Human Cognitive und Brain Sciences"



Pada tanggal 5 Maret 2022 lalu, Ibu Okky Dwi Hapitta, M.Hum. dan Muhammad Zulfikar Trisakti, selaku Ketua Program Studi dan Mahasiswa Bahasa Jerman STBA Yapari ABA Bandung mengikuti pembekalan secara daring melalui "Zoom Meeting" dalam rangka proyek penelitian lintas budaya. Pemateri dalam pembekalan ini adalah Johannes Gereons yang merupakan perwakilan dari "Max Planck Institute for Human Cognitive und Brain Sciences". Pembekalan ini diikuti juga oleh dosen dari Universitas Negeri Malang dan beberapa mahasiswa dari perguruan tinggi lain di Indonesia.

Penelitian ini menggunakan korpus buku cerita anak terkenal berjudul "The Little Prince" yang sudah dialihbahasakan ke dalam Bahasa Indonesia. Responden dalam penelitian harus berusia antara 18 sampai 35 tahun dan merupakan penutur jati Bahasa Indonesia yang mengerti Bahasa Jerman.

Dalam proses penelitiannya, responden  harus mendengarkan secara berkala bagian-bagian dari buku cerita anak tersebut yang disajikan pada aplikasi khusus bernama "Languange Cycles" dan menjawab beberapa pertanyaan terkait cerita yang sudah didengarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara kerja otak dalam mepelajari dan memproses berbagai bahasa.

Semoga perwakilan dari Program Studi Bahasa Jerman STBA Yapari ABA Bandung dapat memberikan kontribusi baik dalam penelitian ini..!